Hikmah Puasa Ramadhan Dari Segi Kesehatan 2017

Advertisement
Advertisement
Berpuasa dibulan dibulan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap umat islam segala tantangan dan halangan harus di lewati sampai datang waktunya untuk pembatalan dari semua itu tentu banyak hikmah yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua sebagai umat islam.

Diantara nama puasa dan hikmahnya itu ada beberapa macam seperti hikmah puasa sunnah senin kamis,hikmah puasa nabi daud,hikmah puasa sunnah syawal, huikmah puasa sunnah tarwiyyah dan arafah dan masih banyak lagi hikmah puasa sunnah lainnya.

Nah, demi memantapkan keimanan kita dalam berpuasa tentu kita harus tahu hikmah apa saja dibalik rasa lapar dan dahaga yang kita tahan selama sehari penuh tenang saja disin saya akan menjelaskannya tentang hikmah puasa ramdhan Untuk kita semoga bermanfaat bagi semuanya.


Hikmah Puasa Ramdhan


Hikmah Puasa Ramadhan Untuk Kita

1. Bulan Ramadhan adalah bulan untuk melatih diri dan berdisiplin waktu. selama kurang lebih tiga puluh hari kita dilatih disiplin di setiap berbagai waktu ibadah.

2. Bulan Ramadhan bulan yang menunjukkan pada manusia untuk bisa seimbang dalam hidup.sehingga di bulan ramadhan ini kita bersemangat untuk menambah amal-amal ibadah,karena kita tahu bula ramadhan adalh bulan penuh ampunan.

3. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mengajarkan Manusia akan pentingnya arti persaudaraan, dan nilai silaturahmi antar sesama muslim sehingga bisa menjalin persatuan dan kesatuan yang kuat.

4. Bulan Ramadhan mengajarkan agar peduli pada orang lain yang lemah. selama bulan Ramadhan kita puasa, merasakan betapa lapar dan dahaganya badan kita, mengingatkan kita betapa sedihnya nasib orang yang malang nasibnya sehingga apa yang mereka rasa sangat terasa juga oleh kita.


5. Bulan Ramadhan mengajarkan akan adanya tujuan setiap perbuatan dalam kehidupan. selama bulan puasa kita diharuskan sungguh-sungguh dalam beribadah, menetapkan dan memantapkan niat yang yang kuat dan mempunyai tujuan supaya amal ibadah puasa kita diterima oleh tuhan.

6. Bulan Ramadhan mengajarkan pada kita hidup ini harus selalu mempunyai nilai ibadah.karena setiap gerak langkah disaat kita melaksanakn bulan ramdhan adalah semata mata bertujuan hany untuk beribadah.

7. Bulan Ramadhan melatih diri kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap perbuatan, terutama yang mengandung dosa. karena selama bulan Ramadhan kita bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga tapi mengajarkan bahwa agar hati hati dalam melakukan suatu perkara.

8. Bulan Ramadhan melatih kita untuk selalu tabah dalam berbagai halangan dan rintangan. selama bulan   kita diperintah untuk membiasakan menahan apa yang tidak terbiasa kita lakukan sehingga menciptakan seorang mukmin yang kuat dan penyabar.

9. Bulan Ramadhan mengajarkan pada kita akan arti hidup hemat dan sederhana. karean setiap kepingan uang yang kita keluarkan selama bulan ramadhan itu jauh lebih sedikit daripada berbelanja kebutuhan diluar bulan ramadhan maka akan menciptakan seorang mukmin yang pandai  dan rajin untuk menghemat.

10. Bulan Ramadhan mengajarkan pada kita akan pentingnya rasa syukur kita, atas nikmat-nikmat yang diberikan pada kita baik itu yang bersifat jasmani maupun rizqi yang bersifat rohani itu semua harus kita syukuri supaya kita menjadi seorang mukmin yang pandai bersyukur.

Itulah beberapa nilai hikmah puasa ramadhan untuk kita semoga bisa menjadi penyemangat bagi segenap umat muslimin dalam menyongsong dan melaksankan amal ibadah puasa dibulan ramadhan dan terima kasih atsa kunjungannya.

Advertisement